Tuesday, March 26, 2019

Mengenal Bahasa Mandarin



Kata Mandarin dalam bahasa Indonesia diserap dari Bahasa Inggris yang juga menyerapnya dari Bahasa Portugis, Mandarim. Kata Mandarim berasal dari Bahasa Melayu yang artinya "menteri". Sumber lain menyebutkan bahwa kata Mandarin merupakan terjemahan dari kata Guānhuà yang artinya bahasa pejabat. Arti kata Mandarin secara harafiah adalah sebutan orang asing kepada para pejabat Dinasti Qing, dinasti terakhir China yang didirikan oleh suku Manchu. Pada saat itu para pembesar kekaisaran disebut Mandaren yang artinya Pembesar Manchu. Bahasa yang digunakan para pejabat juga disebut Bahasa Mandaren, yang kemudian berubah menjadi Mandarin.

Di Republik Rakyat Cina (RRC), Bahasa Mandarin disebut Putonghua, di Taiwan disebut Guoyu, di Singapura dan Malaysia disebut Huayu. Oleh karena mayoritas penduduk di RRC merupakan suku Han, maka Bahasa Mandarin juga dikenal dengan Hanyu dan hurufnya disebut Hanzi. Hanzi adalah salah satu bahasa tulis tertua dan tersulit di dunia.

Bahasa Mandarin digunakan oleh lebih dari 1 miliar penduduk dunia, menjadi bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Sekarang ini Bahasa Mandarin menjadi bahasa resmi RRC dan Taiwan, salah satu bahasa resmi Singapura, serta salah satu dari 6 bahasa resmi PBB.

No comments:

Post a Comment

ENGLISH PHRASES

YOUTUBE   ENGLISH PHRASES  no one said it was to be going easy.  tidak ada yang mengatakan itu akan berjalan mudah.  that wasn't the re...