Wednesday, March 13, 2019

Latar Belakang Politik Luar Negeri Korea Dari Segi Geopolitis

Secara geopolitis, letak Semenanjung Korea bisa dibandingkan dengan Israel di dunia Timur Tengah dan Singapura di Lautan Melayu. Korea Selatan adalah sebuah negara kecil yang terpojok di wilayah Asia Timur Jauh. Sudah sekian lama Korea Selatan bermusuhan dengan Korea Utara. Kedua negara tersebut selalu berlawanan dengan menggunakan kekuatan militer yang dimilikinya. Korea Selatan juga dikelilingi oleh Cina dan Rusia yang selama ini lebih condong terhadap Korea Utara sebagai negara sahabat sosialis internasional.

Selain itu, Korea Selatan selalu diganggu oleh Jepang agar tidak dapat maju berkembang sebagai negara tetangga terdekat yang bersaing dengan Jepang dalam masyarakat internasional. Amerika Serikat yang hingga sekarang masih menempatkan pasukannya di Korea Selatan, sangat ingin meletakkan Korea Selatan di bawah pengaruh mereka, baik dalam bidang politik militer maupun perekonomian internasional. Apalagi, Korea Selatan selalu mengutamakan dan mementingkan dua kebijakan nasional yang dijalankan di waktu yang bersamaan; yakni, mengembangkan ekonomi nasional dibarengi dengan memperkuat kekuatan pertahanannya.

Kebijakan nasional tersebut disebabkan oleh karena adanya Korea Utara yang masih mengutamakan ideologi nasional ketimbang faktor-faktor non-ideologi, yakni faktor-faktor praktis dan selalu mengancam Korea Selatan. Pembagian Semenanjung Korea oleh Sekutu pada tahun 1945 dan perkembangan kedua negara Korea menjadi bukti nyata akan adanya persaingan keunggulan ideologi di masa sistem Perang Dingin. Keadaan tersebut berlangsung selama setengah abad belakangan ini dan secara khusus memberikan pengaruh istimewa terhadap politik luar negeri Korea Selatan.

Politik luar negeri Korea dapat digolongkan ke dalam empat periode besar. Periode pertama adalah pada masa pelaksanaan politik luar negeri Korea terhadap kerajaan-kerajaan Cina. Peeiode kedua adalah politik luar negeri Korea terhadap Jepang. Periode ketiga adalah politik luar negeri Korea di masa Perang Dingin. Periode keempat adalah politik luar negeri Korea di masa pasca Perang Dingin.


No comments:

Post a Comment

ENGLISH PHRASES

YOUTUBE   ENGLISH PHRASES  no one said it was to be going easy.  tidak ada yang mengatakan itu akan berjalan mudah.  that wasn't the re...