Friday, March 8, 2019

Cardistry



Cardistry adalah nama yang diberikan untuk seni bermain kartu. Istilah ini adalah portmanteau "kartu" dan "kesenian". Tidak seperti sulap kartu, cardistry dimaksudkan untuk secara visual mengesankan dan tampak sangat sulit untuk dieksekusi. Orang-orang yang terlibat dalam ilmu kardiologi dikenal dengan istilah "cardist". Beberapa cardist yang lebih berpengaruh adalah Bone Ho, Brian Tudor, Chris Kenner, dan Dan dan Dave Buck.

Sejarah Cardistry bermula dari Cardistry-Con, dijuluki CC, adalah sebuah konferensi interaktif yang berpusat di sekitar seni cardistry, di mana cardist dari seluruh dunia dapat berkumpul dan mengeksplorasi potensi ekspresif tanpa batas dari setumpuk kartu remi biasa. Acara ini mempromosikan cardistry dalam lingkungan yang menggembirakan yang cocok untuk siapa pun yang tertarik dengan seni. The "beta" Cardistry-Con terjadi pada 2014 sebagai subbagian dari Dan & Dave's Magic Con. Pada 2015, Magic Con dihentikan dan Cardistry Con resmi menggantikannya. CC 2015 berlangsung di Brooklyn, New York. Dengan Cardistry-Con tahunan kedua di Berlin, Jerman 2016, Cardistry-Con Championship (CCC) telah lahir, yang memungkinkan para cardist untuk bersaing dalam showcase keterampilan yang kompetitif. Kedua finalis akan diterbangkan ke acara tersebut dan disiarkan video mereka secara langsung. Cardistry-Con tahunan ketiga berlangsung di Los Angeles, California 2017.

Orang yang melakukan Cardistry ini biasa disebut Cardist , Card Artist , atau Card Flourisher. Cardistry memiliki beberapa jenis teknik (moves) yang biasa disebut dengan card flourishes. Card Flourishes sendiri terdiri dari :
1. Shuffles, yakni akar dari card flourish, meliputi mengacak kartu, sering digunakan untuk memulai permainan kartu.
2. Cuts, yakni membagi deck menjadi beberapa bagian. Tujuan digunakan cuts  hampir sama seperti shuffles tetapi dalam beberapa packet, berbeda dengan shuffle yang mengacak tiap kartu.
3. Spreads, menjajarkan beberapa kartu sehingga membentuk suatu barisan biasa digunakan di casino untuk memperlihatkan urutan kartu.
4. Fans, teknik lanjutan dari spreads, yakni melakukan spread dalam bentuk lingkaran sehingga menyerupai kipas.
5. Springs/Drops, lebih sering digunakan untuk showoff. Melempar, men-dribble , menjatuhkan, atau memindahkan deck dari tangan ke tangan lain dengan cara yang unik.
6. Productions ,menampilkan beberapa kartu dalam waktu yang sangat singkat.
7. Changes , teknik mengubah kartu. Lebih sering digunakan sebagai pelengkap karena ini merupakan salah satu bagian dari sleights / card magic.

Selain tekniknya, sifat dari card flourishes ini ada beberapa macam, yaitu :
1. Display, card flourish yang dilakukan berhenti untuk beberapa saat. Tujuannya untuk memperlihatkan bentuk yang dihasilkan oleh bagian dari card flourish tersebut sehingga lebih mudah dimengerti.
2. Motion, kebalikan dari display yaitu sifat card flourish yang disukai karena gerakannya.
3. Aerial, merupakan sebuah sifat card flourish yang memiliki nilai akrobatis. Hal ini karena card flourish melibatkan kartu (packet / deck)  berada di udara.

Ada beberapa cara melakukannya yang beragam, diantaranya :
1. Handed, yakni melakukan sebuah card flourishes dengan 1 tangan.
2. Handed, melakukan sebuah card flourishes dengan 2 tangan.
3. Double Handed, yaitu melakukan sebuah 1 handed card flourishes sekaligus di tiap tangan.
4. Foot, hanya menggunakan kaki.
5. Hybrid, melakukan card flourish tidak hanya dengan tangan tetapi bisa juga menggunakan kaki , wajah , mulut , kepala , dsb.
6. Table, melakukan card flourish diatas meja.
7. Environtment, card flourishes yang dilakukan memanfaatkan benda apapun yang di sekitar kita.
8. Accessories, mirip seperti environtment perbedaannya ini tidak selalu mudah ditemui jika dibandingkan dengan environtment. Namun lebih mengandalkan property.

Bagian yang terakhir dari Card Flourish ini, meliputi:
1. Single , melakukan hanya 1 card flourishes lalu berhenti (square).
2. Combo , melakukan bermacam-macam card flourish sekaligus.
3. Sequence , melakukan card flourishes dengan urutan seperti rantai.
4. Routine , gabungan dari 3 jenis di atas dalam sebuah performance.

Video dan photo:
https://photos.app.goo.gl/tyY2KoYT1NdFxvvn9

No comments:

Post a Comment

ENGLISH PHRASES

YOUTUBE   ENGLISH PHRASES  no one said it was to be going easy.  tidak ada yang mengatakan itu akan berjalan mudah.  that wasn't the re...